18.7.11

115 Kisah dalam Kehidupan Rasulullah Saw

Kisah laksana air dalam kehidupan. Kita tak bisa hidup tanpa air. Sehingga tak mengherankan jika dua per tiga dari bumi ini adalah air. Begitu ...pula dengan kisah, rasanya akan terasa hampa hidup ini jika tanpa kisah atau cerita. Seperti halnya air yang mudah mengalir dari tempat yang lebih tinggi, kisah atau cerita juga akan mudah mengalir begitu saja manakala temanya menarik serta mudah dicerna dan diterima.

Membaca Sîrah Nabawiyyah dan Salafus shâlih merupakan kegemaran saya sejak kecil. Ada rasa nikmat ketika membaca dan menghayati sejarah Rasulullah saw. dari pelbagai sumber rujukan. Kita akan menemukan banyak sekali kisah-kisah penuh makna di dalam sunnah beliau, jika kita membacanya. Lebih dari itu, saya selalu menceritakannya kembali kepada kedua anak saya menjelang tidur, sampai-sampai mereka merasa “ketagihan” dan tidak mau tidur jika saya tidak bercerita terlebih dahulu. Ketika itulah, saya bisa memberikan pelbagai hikmah yang terkandung dalam sebuah kisah lalu mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari mereka, yang hal itu tidak bisa dilakukan jika direncanakan secara sengaja. Memang, mendengarkan kisah cenderung lebih mengasyikkan dan mudah dicerna isinya daripada mendengarkan pelajaran yang penuh teori.

Oleh karenanya, berdakwah dengan menggunakan (metode) kisah merupakan salah satu cara ampuh dalam menarik minat kaum Muslimin untuk lebih mendekatkan diri dengan agamanya.

Buku 115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah saw. yang ada di tangan Anda ini, merupakan kumpulan kisah-kisah pilihan Rasulullah saw. Tentu saja, Anda tidak akan menemukan sirah Rasulullah yang lengkap dalam buku ini, karena buku ini memang bukan buku sirah seperti kebanyakan buku sirah yang lainnya. Buku ini hanya berisi penggalan-penggalan kisah Rasulullah saw. yang disusun berdasarkan beberapa tema, yaitu:

• Kisah-kisah Rasulullah saw. dengan keluarga dan anak-anak.
• Kisah-kisah Rasulullah saw. dengan para sahabat.
• Kisah-kisah Rasulullah saw. tentang akhlak terpuji.
• Kisah-kisah Rasulullah saw. tentang amar ma‘ruf nahyi munkar.
• Kisah-kisah Rasulullah saw. dalam berbagai pertempuran.
• Kisah-kisah Rasulullah saw. tentang keimanan dan ketakwaan.

Buku ini adalah sebuah buku ringkas yang berupaya menghadirkan kisah-kisah menakjubkan dan menawan dalam kehidupan Rasulullah saw. yang penuh dengan uswah, terutama yang berkenaan dengan tema di atas. Buku ini bersumber dari beberapa buku hadits dan sirah yang diperkaya dengan pelbagai sumber lainnya. Saya berusaha menulisnya semaksimal mungkin, agar enak dibaca dan isinya bisa dipahami dan dihayati, untuk selanjutnya bisa diteladani oleh kita semua. Walau buku ini tidak terlalu lengkap—dan memang jauh dari sempurna—saya berharap kiranya semua kisah yang ada dalam buku ini dapat menampilkan gambaran yang cukup gamblang tentang kehidupan Rasulullah saw. yang berkenaan dengan beberapa aspek di atas. Saya juga berharap buku ini bisa menemani Anda di saat-saat jenuh dan bisa menyuguhkan hikmah-hikmah tersembunyi dalam kisah-kisah agung Rasulullah saw.
 

No comments:

Post a Comment

Beranda

Kompas Karir-Lowongan Kerja Terbaru